Membentuk Generasi Cerdas, Sholeh, Muslih Waj'alna Lil Muttaqina Imama

 Tanah Seketika Diam Ketika Abah Mengatakan, "Utsbut Wahai Tanah, Diatasmu Banyak Santri."

Tanah Seketika Diam Ketika Abah Mengatakan,

Bandung Barat-

 

Gempa yang terjadi pada pukul 13.21 WIB itu berpusat di Cianjur, Jawa Barat. Dikutip dari akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan 5,6 skala richter.



"Mag:5.6, 21-Nov-22 13:21:10 WIB, Lok:6.84 LS,107.05 BT (10 km BaratDaya KAB-CIANJUR-JABAR), Kedlmn:10 Km," begitu tulis akun Twitter @infoBMKG pada Senin (21/11) siang.



BMKG menambahkan, bahwa gempa yang baru saja terjadi itu tidak berpotensi mendatangkan tsunami. "tdk berpotensi tsunami," lanjutnya.

 

Pada saat kejadian itu berlangsung, seluruh santri Pondok Pesantren Ar-Risalah sedang mengaji kitab Tafsir al-Jalalain surah al-Baqarah ayat 181 bersama Abah yang bertempat di Aula Asrama Santri Putri. Terasa sekali guncangan yang dirasakan, kepanikan mulai terlihat dari wajah-wajah santri yang hadir. Seketika itu Abah berucap "Utsbut wahai tanah, diatasmu banyak santri." tanahpun diam. Setelah keadaan membaik abah bercerita, "Nabi juga pernah mengalami gempa, dan nabi mengatakan "Tenanglah Uhud, karena di atas kamu sekarang tidak lain kecuali Nabi, Shiddiq (abu Bakar) dan dua orang (yang akan mati) syahid (Umar dan Usman)."

 

 

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي عَرُوبَةَ ح و قَالَ لِي خَلِيفَةُ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَوَاءٍ وَكَهْمَسُ بْنُ الْمِنْهَالِ قَالَا حَدَّثَنَا سَعِيدٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ صَعِدَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى أُحُدٍ وَمَعَهُ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ وَعُثْمَانُ فَرَجَفَ بِهِمْ فَضَرَبَهُ بِرِجْلِهِ قَالَ اثْبُتْ أُحُدُ فَمَا عَلَيْكَ إِلَّا نَبِيٌّ أَوْ صِدِّيقٌ أَوْ شَهِيدَانِ

 

 

Telah bercerita kepada kami Musaddad telah bercerita kepada kami Yazid bin Zurai' telah bercerita kepada kami Sa'ad bin Abu 'Arubah. Dan diriwayatkan pula, Khalifah berkata kepadaku, telah bercerita kepada kami Muhammad bin Sawa' dan Kahmas bin Al Minhal keduanya berkata, telah bercerita kepada kami Sa'id dari Qatadah dari Anas bin Malik radliallahu 'anhu berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mendaki bukit Uhud bersama Abu Bakr, 'Umar dan 'Utsman lalu bukit itu bergetar. Maka beliau menghentakkan kakinya seraya berkata; "Tenanglah Uhud, karena di atas kamu sekarang tidak lain kecuali Nabi, Shiddiq (abu Bakar) dan dua orang (yang akan mati) syahid (Umar dan Usman) ". Hadits Shahih Bukhari no. 3410

 

Semoga para korban diberi kesabaran, ketabahan, dan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini. Aamiin ya rabbal'alamin


Share :


Jazakalloh Khoir Telah Menjadi Bagian Jaringan Penyebar Media ARRISALAH.ID